http://www.cursors-4u.com/cursor/2013/03/01/firefly-pointer.html

Hadapi Revolusi Industri 4.0, Guru Harus Melek Teknologi







Indonesia merupakan Negara dengan yang terbentuk dari 17.504 pulau,Negara yang terluas nomor 14 dengan luas wilayah 1.910.931 km2.
Di perkirakan saat ini penduduk Negara Indonesia mencapai 270.054.853 jiwa,dan tentunya populasi tersebut akan bertambah setiap tahun nya.ini merupakan tantangan besar untuk Negara yang sangat besar kemudian untuk kemana di bawa masa depan Indonesia kedepannya.
Adapun Tantangan yang sangat besar untuk Negara Indonesia adalah pemerataan pendidikan di setiap daerah,bukan hanya seberapa besar dana yang akan di gelontor kan pemerintah untuk menunjang pendidikan di setiap daerah namun apakah pengajar atau guru mempunyai kompetensi dan kelayakan untuk memajukan pendidikan di seteiap daerah.
Dalam era millenal ini terutama dengan pernyataan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan Negara republik indonesa bapak Prof. DR. muhadjir effendi M.A.P menyatakan bahwa kita harus siap menghadapi revolusi industri era 4.0 dimana adanya kolaborasi antara teknologi internet dengan teknologi computer dalam menunjang setiap pekerjaan nya,begitu juga dalam dunia pendidikan guru di haruskan melek dalam leterasi digital artinya di harapkan guru tidak gaptek dalam teknologi,guru diharapkan
Bisa menggunakan teknologi agar bisa  di gunakan untuk menunjang dalam kegiatan belajar mengajar.teknologi ini bisa di jadikan variasi dalam untuk menyampaikan perihal mata pelajaran yang akan di ampu oleh pengajar atau guru masing-masing.
Keanekaragaman budaya dan bahasa yang ada di Negara Indonesia seharusnya tidak di jadikan alasan para pengajar untuk tidak bergerak merubah ke arah lebih baik  dalam hal pengajaran,justru di jadikan motivasi agar tetap memberikan yang terbaik untuk para siswa-siswi dalam rangka ikut mencerdaskn pendidikan di Negara republik Indonesia.


Pendidikan merupakan hak  setiap orang yang bisa didapatkan sejak lahir dan sepanjang hayat,pendidikan berawal dari sebelum bayi lahir seperti yang di lakukan oleh banyak orang dengan memainkan music dan membaca kepada bayi dalam kandungan dengan harapan ia bisa mengajar bayi mereka sebelum lahir.
Dalam Islam ada stimulus yang sangat luar biasa jika semenjak dalam kandungan janin sudah diperkenalkan dan dibiasakan dengan hal ini, yaitu dengan memperdengarkan lantunan ayat-ayat suci al-Qur’an sejak masih dalam kandungan.Diyakini bahwa Al-Quran membawa pengaruh-pengaruh positif  yang luar biasa,dan juga berdasarkan banyaknya kesaksian orang-orang yang merasakan pengaruh Al-Quran secara langsung maupun tak langsung.

Guru bukan hanya saja tugas utama wajib memberikan asupan mata pelajaran setiap hari kepada siswa-siswi,namun guru juga harus bisa membaca mau dibawa kemana arah tujuan dari mata pelajaran dengan melihat kondisi terkini yang terjadi dengan adanya revolusi industry 4.0 tersebut.
Pada dasarnya sumber belajar mencakup apa saja yang bisa di manfaat kan untuk membantu peserta fisik dalam kegiatan belajar mengajar.oleh karena itu sumber belajar juga dapat di kombinasikan dengan komponen-komponen sumber belajar yang lain baik sumber belajar yang di disengajakan maupun di manfaatkan.
Ketersedian sumber belajar yang beraneka ragam dalam sekitar kehidupan peserta didik tersebut belum di manfaat kan dengan sebaik mungkin,hal ini karena perlu nya peningkatan sumber daya guru agar kualitas guru lebih signifikan dan sampai saat ini guru belum bisa memanfaat kan sumber belajar dengan sebaik mungkin.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk sumber belajar pada era revolusi industri 4.0 di rasa perlu di lakukan oleh setiap guru,dizaman yang sudah canggih ini teknologi merupakan satu hal yang tidak bisa di pisahkan dalam dunia pendidikan.era globalisasi saat ini merupakan dampak juga dalam perkembangan bidang teknlogi informasi (TI) perkembangan TI tidak lepas dari teknologi komputer hal ini di tunjukan dengan berkambang pesat nya perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) serta aplikasi nya dalam berbagai bidang termasuk bisang pendidikan.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini sangat berkembang pesat dan akhir-akhir ini telah merasuk pada sendi-sendi kehidupan masyarakat terutama kehidupan masa anak-anak,Remaja dan kaum muda.untuk itu institute pendidikan dan terutama guru harus peka dan respons cepat terhadapat perkembangan tersebut dan tentunya bisa di implikasi kan dalam kehidupan sehari-hari

Pemerintah tentunya terus berinovasi dalam berbagai hal untuk menghadapi era globalisasi atau revolusi 4.0 saat ini,salah satu nya Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) Kemendikbud mengembang kan teknologi berbasis Android dengan menggunakan aplikasi SAC (Smart Aplication Creator) program / aplikasi untuk memudahkan para guru dalam mengembangkan dan menggunakan sumber belajar dengan tepat dan efektif dalam memberikan asupan mata pelajaran kepada siswa.
          Teknologi berbasis android ini sangat mudah di gunakan tanpa adanya coding 
           atau sistem pemprograman yang begitu rumit,penggunaan program SAC bisa di
gunakan untuk media telefon genggam atau handphone dan laptop maupun komputer.
Jika guru sudah bisa mengoperasikan program ini kemungkinan besar waktu yang di butuhkan untuk kegiatan belajar mengajar bisa sangat efektif tidak memakan banyak waktu.
Penggunaan program ini sangat mudah dan bisa digunakan secara otodidak maupaun mandiri,guru bisa mengembangkan program ini untuk mata pelajaran yang disesuikan dengan mata pelajaran yang diampu. BPMPK kemendikbud selalu menerima degan terbuka bagi siapapun yang ingin belajar tentang media pembelajaran dengan harapan guru bisa menjadi kreatif,inovasi dan mandiri.

Selain SAC media pembelajaran yang bisa digunakan para pendidik adalah program pembelajaran E-learning.
Definisi E Learning yaitu Pembelajaran yang dirancang dengan tujuan memakai sistem elektronik atau komputer menjadikan mampu mendukung suatu proses pembelajaran.
E Learning merupakan sebuah sistem atau konsep pendidikan yang mempergunakan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini kami akan menjelaskan tentang e learning dengan lengkap.
E Learning diartikan juga suatu pembelajaran jarak jauh yang menggunakan teknologi komputer, jaringan komputer atau internet. Dengan E-Learning sangat memudahkan pembelajar dalam proses belajar dengan bantuan internet dimanapun mereka berada.penggunaan media e-learning sudah sangat popular saat ini di mana jarak bukan menjadi halangan tersendiri dan yang lebih simple lagi guru tidak di haruskan bertatap muka dengan para peserta didik.
Teknologi yang sudah canggih dan serba otomatis saat ini menuntut kita agar lebih bisa menggunakan dengan seefisien mungkin.perpaduaan antara teknologi internet dengan teknologi komputer merupakan akselerasi yang bagus menciptakan pembelajaran  yang dinamis dan mudah di pahami.

Proses pembelajaran ini, akan disesuaikan dengan berkembangnya Era Revolusi Industri 4.0. Transformasi pendidikan dari tradisional menjadidigital e-Learning untuk mempermudah proses pembelajaran yang dapat menembus batas negara dan waktu. Tak hanya itu, penggunaane-Leaningini juga menekan efisiensi biaya yang dikeluarkan tanpa mengurangi mutu pembelajaran. Sehingga nantinya model pembelajaran di UEU akan dijalankan dengan menggunakan teknologi yanng fleksibel sepertismartphone
 
Maulana muhlas
magister teknologi pendidikan
Universitas Islam As-Asyafiiyah 2019 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Platform Merdeka Mengajar Untuk Merdeka Belajar

  Platform Merdeka Mengajar  Untuk Merdeka Belajar Platform Merdeka Mengajar dipersembahkan untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan...